Scrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace Layouts

Kamis, 06 Januari 2011

Coklat - Si Manis yang Baik



Siapa yang tak kenal makanan yang satu ini ? Rasanya yang manis tentu saja akan langsung menarik setiap orang untuk mencobanya. Perkembangan coklat pun terbilang cukup beragam, mulai dari makanan, minuman, kue, sampai snack (makanan ringan) pun sudah mencampurkan bahan-bahan coklat ke dalamnya. Pasti banyak diantara kita yang suka makan coklat. Tetapi, tidak sedikit pula orang-orang yang menolak untuk mengkonsumsi coklat. Alasan yang dikemukakannya pun bermacam-macam.
Lewat tulisan ini, saya mencoba untuk menyuguhkan beberapa fakta menarik tentang coklat dan berusaha meluruskan pendapat atau mitos-mitos yang keliru seputar coklat.

1.    Coklat bikin Gemuk ?
Banyak orang takut akan bertambah gemuk ketika mengkonsumsi coklat. Padahal, jika diimbangi dengan aktivitas fisik yang sehat dan pengaturan pola makan yang tepat, seseorang yang suka makan coklat akan berumur satu tahun lebih lama bila dibandingkan dengan orang yang tidak suka makan coklat. Penyebabnya adalah dalam coklat terdapat suatu zat antioksidan bernama fenol yang menyebabkan orang yang suka makan coklat akan berusia lebih panjang. Coklat juga mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menjauhkan kita dari risiko penyakit jantung koroner dan kanker.

2.    Coklat sebagai UV Protection
Imperial College London melakukan sebuah riset yang terkait dengan kegunaan lain dari coklat. Hasilnya, diketahui bahwa coklat mengandung kadar oksidan yang cukup tinggi yang bisa digunakan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (sinar UV).

3.    Coklat sebagai Penghilang Stress
Mungkin hal ini sudah banyak diketahui oleh beberapa kalangan. Coklat dipercaya dapat berfungsi sebagai penghilang stress karena di dalamnya terdapat kandungan seperti Theobromine yang baik untuk sistem syaraf dan phenylethylamine yang dapat memberikan efek pada suasana hati atau mood. Phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga).

4.    Coklat bikin Nggak Ngantuk
Coklat juga mengandung theobromine dan kafein. Kedua substansi ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya.

5.    Makan Coklat biar Awet Muda
Coklat mengandung suau zat yang bernama katekin. Katekin adalah antioksidan kuat yang ada dalam coklat. Nah, zat inilah yang menyebabkan coklat dapat menghambat terjadinya penuaan dini yang bisa terjadi akbiat radiasi ataupun polusi.

6.    Coklat bikin Jerawatan ?
Selama ini banyak orang yang mengatakan bahwa makan coklat dapat menimbulkan jerawat. Padahal selama ini belum ada bukti bahwa coklat menimbulkan jerawat.

Itulah sedikit fakta yang dapat saya kemukakan mengenai manfaat coklat disamping sebagai bahan makanan yang dapat kita konsumsi. Tidak perlu ragu atau takut lagi untuk megkonsumsi coklat karena sudah terbukti bahwa selain rasanya yang enak, coklat juga mengandung banyak bahan yang berguna bagi tubuh kita. Jadi, tunggu apa lagi ?  Come and eat your chocolate !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar