Scrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace Layouts

Kamis, 06 Januari 2011

Information System ITS - New System, More Fun !

Tulisan ini saya buat untuk sekedar sharing pengalaman yang saya rasakan selama kurang lebih satu semester menjalani perkuliahan di jurusan Sistem Informasi ITS.
Bagi anda-anda yang belum tahu, jurusan Sistem Informasi ITS ini adalah salah satu jurusan yang baru berdiri di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya. Hingga tahun ini, usianya baru menginjak tahun ke sebelas. Jurusan ini juga termasuk salah satu jurusan baru di Indonesia. Belum banyak universitas lain yang juga mempunyai jurusan Sistem Informasi. Faktanya, jurusan Sistem Informasi ITS ini adalah jurusan Sitem Informasi yang pertama kali dibuka di Indonesia.
Persaingan untuk bisa masuk ke jurusan ini terbilang sulit. Di ITS, jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan dengan tingkat persaingan yang cukup ketat. Bahkan, pada salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang lalu, calon mahasiswa baru harus rela menyiapkan dana yang tidak sedikit agar bisa diterima di jurusan ini. Dana yang dibayarkan ini juga terbilang paling mahal dibandingkan dengan dana yang harus dibayarkan untuk jurusan lain di ITS.
Lalu, apa saja yang akan dipelajari di jurusan Sitem Informasi ini ???
Jurusan Sistem Informasi ITS mempunyai sebuah motto yaitu “They build IT, we make fortune from it”. Sesuai dengan motto yang diusung oleh jurusan ini, mahasiswa Sistem Informasi ITS akan disiapkan sebagai tenaga-tenaga pendaya guna Teknologi Informasi yang dikembangkan oleh para ahli IT. Disini saya tidak hanya belajar tentang pemrograman dan komputer saja, tetapi saya juga belajar tentang manajemen dan bisnis.
Mengenai perkuliahan, untuk semester pertama ini saya mendapat jatah 18 sks. Banyaknya sks yang saya ambil pada semester ini ini sudah dirancang sebagai paket yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa baru ITS. 18 sks tersebut dibagi ke dalam enam mata kuliah antara lain Matematika Diskrit, Algoritma dan Pemrograman 1, Sistem Fungsional Bisnis 1, Ketrampilan Interpersonal, Pendidikan Agama Islam, dan Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Mungkin sekilas mata kuliah-mata kuliah yang saya sebutkan di atas adalah mata kuliah yang wajar seperti mata kuliah lainnya. Tetapi, yang ingin saya soroti disini adalah sistem pembelajaran yang diterapkan di jurusan Sistem Informasi ITS ini. Jurusan Sitem Informasi ITS menerapkan sistem SCL (Student Centered Learning). Jadi, disini mahasiswa lah yang akan lebih aktif dalam proses pemblajaran, dosen hanya bertindak sebagai fasilitator saja. Hal menarik lainnya, jurusan Sistem Informasi ITS juga meniadakan segala bentuk ujian, baik UTS (Ujian Tengah Semester) maupun UAS(Ujian Akhir Semester). Pengambilan nilai hanya berdasarkan nilai kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Sistem seperti ini sangat efektif untuk menghilangkan sistem kebut semalam yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar