Scrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace Layouts

Minggu, 02 Januari 2011

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)


Dewasa ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi (biasa disingkat dengan TIK) bukan menjadi suatu wacana yang baru lagi dalam berbagai kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena perkembangan TIK yang begitu pesat. Namun, kebanyakan masyarakat hanya dapat menggunakan produk-produk hasil dari TIK tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terkandung dalam TIK. Oleh karena itulah, lewat tulisan ini, saya berusaha menyuguhkan sedikit informasi yang terkait dengan TIK. Dengan harapan, setelah membaca tulisan ini, masyarakat dapat menggunakan TIK secara lebih bijak.

Pengertian TIK

           Secara bahasa, Teknologi Informasi dan Komunikasi tersusun dari tiga kata yang masing-masing mempunyai makna tersendiri. Kata pertama, teknologi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi berarti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Kata kedua, informasi. Informasi mengandung makna penerangan atau pemberitahuan. Secara lebih lanjut, pengertian informasi yaitu penggunaan teknologi seperti komputer, elektronik, dan telekomunikasi, untuk mengolah dan mendistribusikan informasi dalam bentuk digital. Sedangkan kata ketiga, yaitu komunikasi. Arti kata komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan berita antara dua orang atau lebih dengan cara yang tepat sehingga dipahami apa yang dimaksud; hubungan; kontak.
Dari makna ketiga kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian TIK yaitu suatu metode atau sarana yang digunakan manusia untuk mengirim dan menerima berita (informasi) dalam bentuk digital yang bertujuan mempermudah kehidupan manusia. Secara singkat, TIK dapat diartikan sebagai alat dan sistem yang diciptakan manusia untuk dapat berhubungan/berkomunikasi dengan manusia lainnya secara mudah dan cepat.
Dalam pengertian lain, kita dapat membagi TIK dalam dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mengirim data dari satu media ke media lainnya. Jadi, teknologi informasi dan teknologi komunikasi sejatinya merupakan dua konsep yang tidak terpisahkan. Dari keterangan di atas, didapatkan bahwa TIK yaitu berbagai hal yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi antar media.

----------------------------------------- Sekian . Semoga bermanfaat . -------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar