Scrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace Layouts

Minggu, 02 Januari 2011

Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Masa ke Masa..


Sebagai makhluk sosial, sudah sepantasnya jika manusia hidup saling membutuhkan satu sama lain. Hal ini juga sangat terkait dengan proses komunikasi yang dilakukan manusia. Oleh karena itulah, komunikasi antar manusia telah ada sejak munculnya peradaban manusia. Manusia secara kontinu dan terus-menerus mengembangkan cara-cara dan media dalam melakukan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, antara lain :

1.    Masa Prasejarah (Sebelum 3000 SM)
Masa prasejarah adalah masa-masa awal dimana manusia mengenal sistem, alat, dan cara berkomunikasi. Manusia saat itu menggunakan isyarat atau simbol-simbol untuk menyampaikan informasi dari manusia satu ke manusia lain. Simbol tersebut dapat berupa bentuk ataupun gambar tertentu yang digambar atau dilukis pada dinding-dinding gua. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya lukisan dalam gua oleh para ahli sejarah. Informasi yang hendak disampaikan pada saat itu berkisar tentang kegiatan perburuan dan binatang yang diburu karena manusia sudah mulai mengenal benda-benda di sekitar lingkungan yang mereka tempati. Sedangkan untuk dapat berkomunikasi secara langsung, mereka menggunakan suara seperti dengusan dan bahasa tubuh atau isyarat tangan.
Perkembangan selanjutnya pada masa ini adalah diciptakannya alat-alat yang bisa menghasilkan bunyi, seperti gendang dan terompet (dari tanduk binatang). Selain itu, juga digunakan isyarat asap sebagai tanda peringatan akan adanya bahaya. Komunikasi yang berkembang pada masa ini sebatas komunikasi yang bersifat kecil dan hanya dapat diterima oleh sedikit orang saja.

2.    Masa Sejarah (3000 – 1400 SM)
Komunikasi pada masa sejarah ditandai dengan ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media penulisan informasi, serta cara-cara awal pencetakan buku. Masih belum berbeda jauh dengan masa prasejarah, perkembangan TIK pada masa ini belum bisa digunakan secara massal. Secara lebih terperinci, perkembangan TIK pada masa sejarah dapat dijelaskan sebagai berikut.

©    3000 SM : Ditemukan tulisan seperti simbol-simbol tertentu yang dibentuk dari piktograf dan dituliskan dalam lembaran tanah liat. Simbol ini mempunyai bentuk dan cara pengucapan yang berbeda-beda. Tulisan ini dipakai oleh bangsa Sumeria. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bangsa Sumeria pada saat itu sudah mulai mengenal bahasa dan tulisan. Selain itu, di Mesir terdapat pula suatu bentuk tulisan yang khas, yaitu hieroglif.

©    1774 SM : Orang-orang Yunani menggunakan sistem penulisan dari kiri ke kanan. Mereka menggunakan abjad fonetik yaitu huruf yang diciptakan berdasarkan bunyi yang diucapkan, bukan gambar yang mewakili bentuk benda tertentu.

©    1400 SM : Di Cina, orang mulai menuliskan sejarah mereka pada kepingan tulang hewan tertentu.

©    1270 SM : Diterbitkannya ensiklopedia pertama di dunia oleh bangsa Suriah.

©    900  SM : Cina menciptakan suatu sistem jasa pengiriman lewat pos. Lalu muncullah kantor pos pertama di dunia yang diciptakan oleh bangsa Cina.

©    776 SM : Orang Yunani menggunakan merpati sebagai media penyampaian informasi (dikenal juga dengan sebutan merpati pos).

©    530 SM : Didirikannya perpustakaan pertama di Yunani.

©    500 SM : Diciptakan media tulis pertama yang dapat dibawa kemana-kemana oleh bangsa Mesir, yaitu papirus. Papirus adalah suatu alat seperti kertas yang terbuat dari serat pohon papirus. Alat ini lebih kuat dan lebih fleksibel dari lempengan tanah liat yang sebelumnya telah digunakan sebagai media penulisan.

©    105 SM : Tsai Lun, seorang berkebangsaan Cina, menciptakan kertas. Kertas buatannya ini terbuat dari serat bambu yang sudah dihaluskan, disaring, dicuci, lalu diratakan, dan kemudian dikeringkan.

©    14 M : Orang-orang Romawi meresmikan sistem pelayanan pos yang mereka punya.

©    37 M : Ditemukannya heliograf, yaitu suatu bentuk penyampaian pesan dengan menggunakan cermin. Metode ini pertama kali degunakan oleh Kaisar Tiberius dari Roma.

©    100 M : Muncul buku-buku yang sudah mendekati bentuk buku masa kini.

©    305 M : Cina menciptakan alat cetak pertama. Alat ini menggunakan lempengan kayu berukir yang sudah dilumuri tinta lalu ditempelkan ke atas kertas.

©    Tahun 1049 : Pi Sheng dari Cina menciptakan sejenis alat cetak buku sederhana dengan bahan baku tanah liat bakar yang sudah dibentuk menjadi lempengan, dengan begini huruf-hurufnya dapat dipindah sesuai keinginan.

©    Tahun 1241 : Tulisan dalam lembaran tanah liat digantikan oleh tulisan dalam lembaran metal di Korea.

3.    Masa Modern (1400 SM – sekarang)
Pada masa modern, terjadi perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat pada teknologi informasi dan komunikasi. Secara rinci, dijelaskan di bawah ini.
©    Tahun 1450 : Di Eropa beredar koran pertama di dunia, namun belum bisa diterbitkan secara harian.

©    Tahun 1455 : Johan Guttenberg mengembangkan mesin cetak handpress yang menggunakan plat huruf dari besi dalam bingkai kayu dan dapat diganti-ganti.

©    Tahun 1560 : Diciptakan kamera pertama yang berrnama Camera Obscura, yang berarti pembuat foto yang kabur/gelap.

©    Tahun 1714 : Diciptakannya mesin ketik oleh Henry Mill dari Inggris. Dia adalah pemegang hak paten dan juga sebagai pencipta mesin ketik modern.

©    Tahun 1793 : Claude Chappe menciptakan jalur telegraf optik jarak jauh.

©    Tahun 1821 : Charles Wheatstone menciptakan mikrofon (pengeras suara).

©    Tahun 1830 : Diciptakannya suatu bentuk komputer digital pertama oleh Augusta Lady dan Charles Babbage. Alat ini digunakan sebagai alat yang dapat memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran berupa kartu.

©    Tahun 1831 : Muncul telegraf listrik pertama yang diciptakan oleh Joseph Henry.

©    Tahun 1837 : Pengembangan telegraf dan kode morse oleh Samuel Morse, Sir William Cook, dan Sir Charles Wheatstone, dimana pesan dapat dikirim dan diterima dalam waktu yang hampir bersamaan. Disinilah awal mula komunikasi dapat deisebarluaskan tanpa adanya keterbatasan ruang dan waktu.

©    Tahun 1843 : Samuel Morse menemukan jalur telegraf listrik jarak jauh pertama, sedangkan Alecander Bain menciptakan mesiin faksimili pertama.

©    Tahun 1861 : Coleman Sellers dari Amerika menciptakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk memutar slide (ini adalah awal mula dari sistem gambar bergerak yang ada sekarang ini). Alat ini merupakan mesin pemutar slide pertama di dunia yang diberi nama kinematoskop.

©    Tahun 1876 : Thomas Alfa Edison menciptakan mimeograf, yaitu semacam mesin fotocopy pertama di dunia. Alexander Graham Bell mengirimkan pesan melalui pesawat telepon pertama di dunia. Sedangkan Melvyl Dewey menciptakan sistem pencatatan katalog buku untuk perputakaan yang dikenal sebagai Sistem Desimal Dewey.

©    Tahun 1899 : Valdemar Poulsen menciptakan pita rekam magnetik pertama. Di tahun yang sama juga diciptakan pengeras suara (loudspeaker)pertama di dunia.

©    Tahun 1902 : Guglielmo Marconi melakukan penyiaran sinyal radio pertama yang dapat menyebrangi Samudera Atlantik.

©    Tahun 1910 : Thomas Alfa Edison menciptakan film bersuara pertama di dunia.

©    Tahun 1914 : Panggilan telepon antar benua pertama yang dilakukan.

©    Tahun 1916 : Munculnya pesawat radio pertama yang dapat berpindah saluran, disertai pula kemunculan stasiun radio pertama di dunia.

©    Tahun 1923 : Diciptakannya televisi pertama di dunia oleh Vladimir Kosma Xworykin.

©    Tahun 1925 : Muncul siaran televisi pertama di dunia oleh John Logie Baird di Amerika.

©    Tahun 1934 : Joseph Begun menciptakan tape recorder pertama di dunia.

©    Tahun 1936 : Konrad Zuse menciptakan komputer pertama di dunia yang bernama Z1.

©    Tahun 1946 : Pengembangan komputer digital pertama di dunia, yaitu ENIAC I.

©    Tahun 1951 : Di Amerika, dimulailah penjualan komputer ke perseorangan.

©    Tahun 1958 : Chester Carlson menciptakan mesin fotokopi modern pertama, yang dinamai XEROX.

©    Tahun 1971 : Muncul disket pertama di dunia.

©    Tahun 1972 : Muncul sistem televisi berlangganan (TV Kabel) melalui satelit. Sememntara itu, Ray Tomlison menciptakan program email yang pertama di dunia.

©    Tahun 1979 : Munculnya telepon tanpa kabel yang diciptakan oleh Jepang.

©    Tahun 1985 : Dimulainya penjualan Compact Disk (CD).

©    Tahun 1992 : Pembentukan komunitas internet dan munculnya isitilah world wide web (www) oleh CERN.

©    Tahun 1994 : Internet menjadi wilayah yang bebas dan tidak terbatas. Ini membuat bisnis berbasis internet berkembang dengan sangat pesat.

©    Tahun 1999 : Penyedia jasa pencarian informasi secara gratis dengan menggunakan internet, www.google.com, mulai beroperasi di Amerika dan menjangkau seluruh dunia. Selain itu, di Indonesia muncul jaringan internet baru bernama Telkomnet Instan.


Sampai sekarang, perkembangan TIK masih tetap berlangsung. Bahkan perkembangannya terbilang cukup fantastis. Banyak hal yang sekarang ini sudah dapat dijangkau dengan menggunakan bantuan TIK. Orang pun dapat lebih mudah menjalankan pekerjaan sehari-harinya. Terlebih lagi perkembangan dunia internet yang semakin lama semakin banyak orang yang pekerjaan hariannya tidak dapat dilepaskan dari dunia internet. Bukan tidak mungkin bahwa dunia internet nantinya akan menjamah segala aspek kehidupan sehingga akan semakin banyak orang yang dapat melakukan komunikasi lewat internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar