Scrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace Layouts

Kamis, 25 November 2010

Ketika Stress Menyapa..



Sebelum mengetahui bagaimana cara memanejemen stress yang baik, pertama-tama mari kita cari tahu apa arti stress sebenarnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), stress adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar. Dari definisi ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa stress dapat dialami oleh siapa saja dan kadar stress yang dialami setiap orang pun berbeda-beda, sesuatu dapat dipandang sebagai suatu hal yang menyebabkan stress oleh seseorang tetapi belum tentu dianggap sebagai hal yang menyebabkan stress bagi orang lain.
Manajemen stress adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi, orang-orang, dan kejadian-kejadian yang ada memberi tuntutan yang berlebihan. Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatur stres tersebut ? Strategi-strategi apa yang ada ? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

1.   Perhatikan keadaan sekitar
Lihatlah mungkin ada sesuatu yang benar-benar dapat anda ubah atau kendalikan dalam situasi tersebut.

2.   Jangan mempermasalahkan hal sepele
Buat skala prioritas, tentukan hal-hal apa saja yang benar-benar penting dan mendesak, dan biarkan yang lain mengikuti.

3.   Jangan lebay
Maksudnya adalah sebisa mungkin, hindarilah reaksi yang berlebihan. Manakala kita bisa menahan ego kita dengan baik, maka masalah yang sedang kita hadapi itu akan menjadi lebih ringan.

4.   Istirahat secukupnya
Apabila kita kurang beristirahat, maka hal itu hanya akan memperburuk stress yang kita alami. Oleh karena itu, manfaatkan waktu istirahat yang kita punya untuk tidur sejenak. Pasang alarm agar tidak tidur terlalu lama. Nah, saat bangun dari tidur, pasti badan terasa lebih segar dan kita dapat berpikir lebih jernih.
5.   Relaksasi
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk merelaksasi diri anda yaitu meditasi dan latihan pernafasan. Cara ini telah terbukti efektif dalam mengendalikan stress. Berlatihlah untuk menjernihkan pikiran anda dari pikiran-pikiran yang menggangu.
6.   Jangan terlalu membebani diri
Jangan terlalu banyak mengeluh mengenai seluruh beban kerja (tugas) yang sedang kita emban. Tangani setiap tugas sebagaimana mestinya, atau tangani secara selektif dengan memperhatikan beberapa prioritas.

7.   Ubah cara pandang (persepsi)
Temukan penyebab stress. Identifikasi akar permasalahan yang menyebabkan stres. Buatlah pengaturan diri terhadap stress.

8.   Cobalah untuk memanfaatkan stress
Jika kita tidak dapat melawan apa yang mengganggu diri kita dan tidak dapat menghindar darinya, berjalanlah seiring dengannya dan cobalah untuk memanfaatkannya secara produktif. Cobalah menjadi seseorang yang positif. Tanamkan pada diri kita bahwa kita dapat mengatasi segala sesuatu dengan baik daripada hanya memikirkan betapa buruknya segala sesuatu yang terjadi.

9.   Main game
Cobalah untuk bermain game-game kecil yang disediakan Windows seperti Solitaire, Spider Solitaire, atau Pinball. Jangan bermain game yang terlalu berat karena dapat menyita banyak waktu Anda.

10.  Nonton film / video humor
Luangkanlah waktu untuk nonton film / video komedi disela-sela waktu senggang. Ini dapat menyegarkan pikiran Anda yang sedah jenuh.

11.  Olahraga kecil
Lakukan senam kecil. Regangkan tangan, kaki, dan leher anda. Olahraga dapat menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan stress yang cukup efektif.

Oke, itulah sedikit hal yang bisa saya bagi. Semoga bermanfaat. Tetap semangat tanpa stress ! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar