Gemastik adalah lomba di bidang TIK yang secara rutin diadakan oleh Diknas. Lomba ini digelar di tingkat Nasional dan ditujukan untuk para mahasiswa di seluruh Indonesia. Pada tahun ketiga diselenggarakannya lomba ini, ITS berkesempatan menjadi tuan rumah sekaligus menjadi tempat pelaksanaan Gemastik 2010. Penjelasan lebih lanjut akan saya sampaikan pada keterangan di bawah ini.
1. Pelaksanaan
Hari : Rabu - Kamis
Tanggal : 6 – 7 Oktober 2010
Tempat : Gedung Robotika dan Gedung Teknik Informatika ITS Surabaya
2. Peserta
Peserta datang dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia. Masing-masing perguruan tinggi tersebut mengirimkan beberapa team yang beranggotakan tiga orang. Total peserta yang mengikuti Gemastik 2010 yaitu sebanyak 376 orang. Data perguruan tinggi yang mengikuti Gemastik 2010 :
Universitas Komputer Indonesia Univesitas Gajah Mada
Binus Jakarta Universitas Islam Indonesia
Universitas Indonesia Universitas Sudirman
Poltek Caltex Riau Universitas Paramadina
Universitas Cenderawasih Universitas Budi Luhur Jakarta
Universitas Kristen Duta Wacana Universitas Lampung
STIMIK Lampung Poltek Ujung Pandang
STIMIK Jakarta Universitas Muhammadiyah Pontianak
Institut Pertanian Bogor STIMIK Palembang
Universitas pendidikan Ganesha Poltek Dr. Soepraoen Malang
Universitas Gunadharma Jakarta Universitas Brawijaya
Univesitas Sebelas Maret Solo STAN Jakarta
IT Telkom Bandung Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Institut Teknologi Bandung
3. Acara
Gemastik 2010 dibagi dalam sembilan kategori lomba, antara lain piranti cerdas, aplikasi, pemrograman, desain web, bisnis game, pengembangan permainan (game development), karya tulis TIK, penggalian data (data mining), dan keamanan jaringan. Disini saya akan menjelaskan profil beberapa team yang mengikuti lomba dalam kategori pengembangan permainan (game development).
a. Byblos
· Tim 27
· IT Telkom Bandung
· 3 orang (Programming, Design, Kurikulum)
· Pembuatan : 2 minggu
· Game edukasi matematika-fisika
· Materi : kesebangunan, perbandingan, logaritma, pesawat sederhana, tata surya, aritmatika sosial, baris dan deret
· Ide cerita tentang petualangan seorang pelajar yang melakukan perjalanan keliling Indonesia
· Materi pelajaran cukup lengkap dan sesuai kebutuhan pelajar
· Target : pelajar SMP
· Konsep games secara keseluruhan ingin menunjukkan identitas Indonesia yang terdiri dari banyak suku dan budaya, sehingga pemain bisa bermain sambil mengenal budaya Indonesia
· Level disajikan dalam bentuk wilayah-wilayah Indonesia
· Kekurangan : grafis kurang bagus dan terlalu sederhana
b. Phisis game
· Tim Phisis
· IT Telkom Bandung
· 3 orang (Programming, 3D design, Administrasi)
· Pembuatan : 4 bulan
· Game edukasi fisika
· Materi : soal fisika SMP
· Menggunakan 3D max : blender
· Menggunakan bahasa C#
· Ide untuk membuat game ini diperoleh dari game jumanji
· Game berbentuk game board, mirip game monopoli tapi dalam versi digital
· Tampilan permainan disesuaikan dengan papan permainan asli dan mengikuti petunjuk permainan sejenis
c. Treasure Spot X
· Tim Game-Bell
· Universitas Lampung
· 3 orang (Desain grafis, Proposal, Analisis, Screen)
· Pembuatan : 1 bulan
· Game play sekitar 2 jam
· Grafis menggunakan photoshop
· Materi fisika-matematika untuk SMP kelas 9
· Cerita tentang mencari harta karun dan melawan monster
· Survey ke SMPN 22 Lampung
· Tampilan cukup menarik
· Kekurangan : tidak ada map (peta) seperti yang biasanya disertakan dalam game-game petualangan lain, sehingga pemain tidak tahu dengan pasti dimana posisinya sekarang
d. Lompat Cermat
· Tim Lompat Cermat
· Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta
· 3 orang (Programming, Desain, Musik)
· Pembuatan 1 bulan
· Materi matematika SMP : penjumlahan
· Bisa menggunakan papan permainan asli sebagai media lompat
· Musik yang digunakan diaransemen secara tradisional
· Dapat digunakan untuk sarana belajar, bermain, dan berolahraga
· Kekurangan : tampilan kurang menarik dan terkesan monoton
e. HORSE (History Of Rhea Structure)
· Tim Realistik
· Politeknik Caltex Riau
· 3 orang
· Pembuatan : 1 bulan
· Materi : Fisika tentang kinematika
· Terdiri dari 6 level dengan tingkat kesulitan yang berbeda
· Kisah yang diangkat dari game ini adalah perang antara 2 kelompok
· Kekurangan : grafis dan musik yang digunakan kurang menarik
f. ZAT
· Tim Dreamfighter
· IT Telkom Bandung
· 3 orang (Programmer, Design, Ide Cerita)
· Pembuatan : 2 bulan
· Single player
· Materi fisika tentang perubahan zat (konversi padat, cair, gas)
· Ada dua jenis permainan : petualangan dan mini game
· Terdiri dari 20 level
· Mirip game mario
· Target : pelajar SMP kelas 7
· Tampilan dan petualangan yang dibentuk cukup menarik
· Kekurangan : materi yang disajikan hanya terbatas pada perubahan bentuk zat
g. Math Academy
· Tim Omahgames
· Universitas Gajah Mada
· 3 orang (Programming, Design, Web developer)
· Pembuatan : 2 bulan
· Materi matematika SMP tentang geometri
· Game online, jadi harus ada koneksi ke internet
· Bentuk game petualangan
· Terdiri dari 4 mini games, 24 level
· Single player
· Kekurangan : pemain harus terhubung dengan internet bila hendak memainkan game ini
h. SIGMA (Simulasi Tantangan Matematika dan Fisika)
· Tim Arms
· Institut Teknologi Bandung
· 3 orang (Programming, Design, Modelling)
· Pembuatan : 3 bulan
· Pemain : 3 - 4 orang
· Tampilan 3D
· Materi matematika-fisika tentang berhitung dan Azas Black
· Bentuk game petualangan
· Terdiri dari 10 mini game, 2 level
· Target : pelajar SMP
· Survey ke 10 anak SMP di Bandung
i. Gravitusphere
· Tim Gravitusphere
· Institut Teknologi Sepuluh Nopember
· 3 orang (Programmer, Designer, Designer Level)
· Pembuatan : 1 bulan
· Materi fisika tentang kinematika
· Terdiri dari 16 level
· Tampilan game ini sangat eye cathcing
· Konsep game unik dan berbeda dari game kebanyakan
· Kekurangan : Terlalu rumit dan tidak praktis untuk dijalankan
j. Wayangman – The Begins
· Tim Open IT
· Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
· 3 orang (Programmer, Designer, Story line)
· Materi matematika-fisika
· Cerita tentang kebangkitan para Pandawa
· Game ini merupakan kelanjutan dari game sebelumnya yang serupa
· Terdiri dari 4 level dan 2 quest
· Target : pelajar SMP kelas 7 – 9
· Konsep dari game ini cukup bagus, karena mengangkat salah satu tokoh yang sangat erat kaitannya dengan kebudayaan Jawa. Dengan begitu, selain bisa berlatih menjawab soal-soal yang diberikan, pemain juga dapat mempelajari dan mengenal budaya Jawa.
· Kekurangan : grafis terlalu sederhana sehingga orang kurang tertarik untuk memainkannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar